Rabu, 24 Agustus 2016

Kue Nenas yang Bikin Up Side Down


Kali ini kita akan ngomongin nenas. Yup! Ada dua kue yang kucoba bikin dengan buah yang juga rumahnya spongebob ini. Kedua resep ini bikin aku up side down dalam arti yang berbeda antara yang satu dengan yang lainya. Nah, ini dia kuenya:

Upside Down Cake

upside sown cake

Sebenarnya kue ini udah lama aku buat (bulan Ramadhan kemaren lebih tepatnya), tapi aku rada males ngesharenya soalnya fotonya kurang cantik. Hoho.. Yah, terjadi kesalahan waktu aku milih loyang. Jadi, waktu aku bikin ini kue, pake loyang yang kebesaran, jadinya kuenya nggak tinggi dan kesanya bantat. Padahal kuenya nggak bantat loh, suer deh! 




Tapi kue ini enak loh, gurih berlemak karena banyak pake margarin. Apalagi kalo pake mentega beneran, bisa nggak berhenti makan eike. Dan aroma jeruk lemonya menambah sensasi nikmat waktu makan kue ini. Apalagi ditambah dengan manisan nenas diatasnya, bikin kita up-side-down deh pokoknya :)



Upside Down Cake (sumber : Tabloid Saji)

Bahan nenas:
·        Nenas 300 gr, iris bulat, tebal ½ cm, buang tengahnya.
·        Gula palem 25 gr
·        Gula pasir 50 gr
·        Air 75 ml
·        Kayumanis 1 cm
·        Cengkeh 1 butir
·        Air jeruk lemon ½ sdt
·        Ceri merah, belah 2 (aku nggak pake ini)

Bahan cake:
·        Margarin 200 gr
·        Gula pasir 150 gr
·        Telur 4 butir
·        Terigu 200 gr
·        Maizena 25 gr
·        Baking powder 1 sdt
·        Susu cair 50 ml
·        Kulit lemon (parut) 2 sdt

Cara:
·        Nenas, masak gula palem, gula, dan air sampai larut dan kental.
·        Masukan kayumanis, cengkeh, dan nenas. Masak sampai meresap dan kental. Tambahkan air jeruk lemon. Aduk rata. Angkat dan dinginkan.
·        Siapkan loyang bulat diameter 24 cm tinggi 4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
·        Tata nenas di atas loyang. Tambahkan ceri merah di tengahnya. Sisihkan.
·        Cake, kocok margarin dan gula pasir +/- 7menit sampai lembut. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian terigu sambil diayak dan dikocok rata.
·        Masukan sisa terigu, maizena, dan baking powder bergantian dengan susu cair sambil diayak dan dikocok rata. Tambahkan kulit jeruk lemon. Aduk rata.
·        Tuang adonan keatas Loyang.
·        Oven dengan suhu 180 derajat Celsius 35 menit.

Nastar (yang bikin upside down)

Ingat nenas, ingat nastar! Resep nastar ini juga aku coba di bulan Ramadhan, ceritanya mau disajikan untuk tamu pas lebaran. Tapi aku nggak akan kasih resepnya karena hasilnya ‘disaster’, saudara-saudara. Yah, ada banyak kesalahan waktu aku bikin kue ini sehingga hasilnya ini kue ‘nggak layak tampil’. Adonanya kelembekan sehingga susah banget untuk dibulatin dan aku salah make selai. Maksudnya? Iya, harusnya kan selainya dibuat sendiri, tapi ceritanya eike males marutin nenas, jadi kubelilah selai nenas yang banyak dijual di toko-toko itu. Rupanya selainya keenceran, pemirsa! Jadilah aku setengah mati menyatukan adonan lembek dan selai encer yang maunya meleleh kemana-mana. Euh! 

damn u, nastar!
Sebenarnya suami udah nyuruh aku supaya beli aja kue nastar yang udah jadi, karena menurutnya untuk membuat kue kering seperti nastar memerlukan ‘ketenangan’ atau ‘ketelatenan’ yang menurutnya nggak aku miliki (he know me so well..). Tapi aku nggak terima dan ngotot mau bikin nastar sendiri dengan percaya diri. Dan ternyata dia bener, waktu liat hasil kuenya dia cuma ngasih senyum ‘I told u so’-nya yang gengges itu. Huh!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar