Minggu, 18 Oktober 2015

Apple Pie



Tanggal 26 September kemarin aku memutuskan untuk membuat pai apel. Aq emang suka dengan makanan tradisional Inggris ini. Pokoknya tiap ngeliat apel pai di majalah/tv bawaanya ngiler aja deh.  Dulu sih aq pernah nyoba bikin kue ini, tapi gatot! Habis itu, males mau nyoba lagi. Waktu itu nyobain atasnya yang model keranjang, tapi adonanya susah banget dicetak, akhirnya karena gak sabar kugiling asal aja kayak bikin kue keju gintil. Pokoknya nyebelin deh! 

Tapi, rasa males untuk nyoba itu hilang gara-gara aq pergi ke toko buah. Mengapa? Soalnya apel ijo lagi diskon jadi harganya murah. Haha... jadilah aq memutuskan untuk membuat apel pai lagi. Dan tau nggak sih??? Kali ini aq sukses mbikin pai apel! (Sok banget ya? Gimana lagi donk, lagi seneng soalnya) dan ini dia hasil gambarnya:

apple pie in slice


Tentu saja aq nggak make resep sebelumnya yg aq dapat dari tabloit jadul si mama. Aq pake resep dari situs seriouseats , dan dengan resep ini, bikin adonan pai terasa jauh lebih mudah. Ketemu resep ini serasa dapet harta karun nih, soalnya disamping bikinya mudah rasanya juga enak. Ula..la.. ! So pasti aq akan bikin resep ini lagi kalo lagi ada apel ijo!

apple pie,fresh from the oven


Mungkin yg ngeliat gambar nanya gini dalam hati,’kok kuenya item gitu? Gosong ya?’. Aq juga mikir gitu waktu liat di oven pertama kali. ‘yah..gosong’, pikirku waktu itu. tapi untungnya rasa pai-nya nggak gosong sama sekali. Jadi begini ceritanya, menurut resep, pai kudu dipanggang dengan suhu 425 F. Jadi, aq melakukan perhitungan konversi ke celcius, jika titik didih farenheit 212 derajat=100 derajat celcius, berarti 425F=200C, ya kan? Nah, karena ovenku gak bisa mencapai suhu 200C, jadi aq panggang di suhu 180C. Terus aq tinggalin si oven karena Bagas minta nyusu. Pikiranku toh suhunya lebih rendah, jadi ditinggal 20 menit gpp deh kayaknya. Eh, pas balik 20 menit kemudian warnanya udah begitu. hehe.. Overcooked tapi belum sampe gosong. Mungkin si empunya resep pake oven listrik, jadi hasilnya beda dengan pemakai oven kompor rumahan kayak punyaku ini. Mungkin sesi berikutnya aq cukup di suhu 150C aja deh. 

Add caption


Walaupun aq nggak bisa ngikutin petunjuk resep dalam hal pemanggangan, ada beberapa tips yang diberikan oleh seriouseats yg bisa kita praktekin, diantaranya:

1.       Simpan bahan-bahan seperti mentega dan air di kulkas, jangan di suhu ruang seperti membuat kue-kue yang lain.
2.       Ketika mencampurkan tepung, masukan 2/3 takaran dulu, setelah tercampur hingga hampir membentuk adonan, baru masukan sisa tepungnya.
3.       Untuk mengaduk air dengan adonan, gunakan spatula. 

Nah, buat yg pengen bikin juga, silahkan kunjungin langsung situsnya, soalnya aq males banget ngetik ulang resepnya. Happy baking!

apple pie, everybody?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar