Jumat, 27 Juni 2014

puasa tahun ini

Besok puasa. Insya Allah tahun ini aq puasa. Dan puasa tahun ini aq akan menjalaninya dgn berbeda. Bulan Ramadhan tahun ini aku memutuskan pure utk ibadah. Artinya, aq tidak akan melakukan kegiatan apapun selain ibadah dan mengerjakan tugas IRT. Tidak buka FB atau situs apapun selain situs Islam, tidak baca apapun selain buku agama, tidak nonton tv/youtube, tidak nulis blog/lomba nulis lainya, tidak ngemall/jalan jalan gak jelas, dan tidak ngurusin bisnis (bahkan mungkin g nyoblos pilpres, hehe...). Ekstrim? Ah nggak juga. Toh sebagai wanita, aq cuma puasa 3 minggu (3 minggu dari setahun waktu yg diberi oleh Allah itu cuma sekitar 5% doang). Alasan aq memilih untuk menonaktifkan semua perkara gak penting diatas, karena:
 1.  Tahun depan belum tentu aq ketemu Ramadhan lg.
Aq gak lg sakit keras kok, cuma umur kan gak ada yg tau. Siapa tw ini beneran puasa terakhirku. Intinya, manfaatin kesempatan yg masih dikasih sm Allah.
2. Hadist nabi Muhammad:
Dari Ka’ab bin Ujrah RA. bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Malaikat Jibril datang kepadaku dan berkata: Merugi dan terhinalah orang yang namamu (Muhammad SAW) disebutkan di sisinya namun ia tidak mengucapkan shalawat kepadamu. Merugi dan terhinalah seseorang yang memasuki bulan Ramadhan kemudian bulan itu habis namun ia tidak mendapat ampunan Allah. Merugi dan terhinalah seseorang yang mendapati masa tua kedua orang tuanya, namun keduanya tidak memasukkannya ke surga (karena ia tidak berbakti kepada keduanya).” (HR. Al-Hakim, Ibnu Hibban, Ath-Thabarani, Al-Baihaqi, dan Adh-Dhiya’ Al-Maqdisi, seluruh perawinya tsiqah dan hadits ini memiliki banyak hadits penguat)
Bulan Puasa itu ibarat toko yg lagi ngadain promo buy one get two untuk semua barang. Dan kalo kita rela ngantri dan dempet2an di toko yg lg diskon gede, untuk dapetin brg yg g seberapa, knp kita gak rela berupaya utk imbalan yg dijanjikan oleh Allah dibulan Ramadhan. Rugi banget kalo waktu yg ada disia2in buat perkara g berguna.
3.  Pengen benerin fokus n ‘nyuci’ hati
Aq menyadari bahwa aq mencintai dunia. Lebih daripada sebagaimana seorang muslim seharusnya memandang dunia. Aq berharap, dgn sejenak berhenti mengejar dunia, hatiku tidak terpaut lg dgn urusan dunia. Aq mau mengembalikan fokusku dan menautkan hatiku kpd tempat seharusnya.

Mungkin kesanya lebay, tapi apa yg aq lakukan Insya Allah ada dan benar landasanya.

Semoga apa yg aq rencanain bisa terlaksana dgn baik  dan semoga kita termasuk dalam kelompok pemenang pada bulan Syawal.

Selamat menjalankan ibadah puasa J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar